Pages

Struktur Materi Presentasi

Struktur Presentasi paling tidak terdiri dari tiga bagian, yaitu Pembukaan, Isi dan Penutup. Tiap bagian tersebut mempunyai arti penting masing-masing.

Pembukaan Presentasi 

Pembukaan presentasi berfungsi untuk menarik audien kepada pembicara. Dengan pembukaan yang baik, seorang pembicara bisa menarik minat audien untuk mendengarkan atau mengikuti semua materi presentasi. Ada beberapa teknik membuka presentasi, yaitu dengan humor, data yang akurat, cerita, prediksi dan lain-lain. Dengan pembukaan yang baik, anda sudah bisa menimbulkan kesan pertama yang baik, sehingga audien tertarik untuk mengikuti materi inti presentasi anda, begitu pula sebaliknya. 

Inti Presentasi

Inti Presentasi merupakan materi yang sesungguhnya yang harus anda sampaikan. Kita harus benar-benar menguasai keseluruhan inti materi presentasi. Sebuah paparan tentang sesuatu harus didukung dengan data yang akurat, apakah itu data kuantitatif atau kualitatif tergantung dari tema presentasi yang anda bawakan. Peran data sekunder untuk mendukung materi presentasi amat diperlukan. Kita bisa mencari data sekunder tersebut dari berbagai media, baik itu buku, surat kabar, internet, data di kantor pemerintah dan lain-lain.

Penutup Presentasi

Penutup presentasi berfungsi untuk menguatkan Materi inti presentasi sekaligus menyimpulkannya. Anda harus bisa menutup sebuah presentasi dengan sebuah kalimat kesimpulan dari seluruh inti materi presentasi anda. 

Dengan latihan yang terus menerus dan melakukan presentasi yang sesungguhnya, pasti anda bisa melakukan presentasi dengan struktur dan cara yang baik. Jadi teruslah melakukan presentasi dengan struktur presentasi yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010. Blogger templates by Bloggermint