Pages

PENAMPILAN DIRI YANG BAIK

Penampilan diri secara fisik mempunyai arti yang tidak kalah penting dengan cara dan materi presentasi kita. Penampilan diri menentukan persepsi audien kepada presenter, persepsi tersebut memang bisa berubah seiring dengan cara dan meteri kita presentasi, namun akan lebih bagus jika sejak awal audien sudah tertarik dengan kita sehingga akan lebih mudah mereka memperhatikan apa dan cara kita melakukan presentasi.

Pakaian
Sebenarnya pakaian yang kita kenakan tidak harus mahal atau mewah, namun tetap harus rapi  dan professional sesuai dengan konteks, situasi dan tempat acara. Pakaian yang bersih, rapi dan resmi mencitrakan kita sebagai orang yang professional. Warna pakaian juga berpengaruh terhadap persepsi audien kepada kita. Warna hitam mencitrakan otoritas dan kekuasaan sedangkan warna cerah akan memberi nuansa ceria.
Jika kita berpakaian resmi, maka pendengar akan menganggap kita serius, sedangkan pakaian kita santai pendengar juga menganggap kita santai. Berpakaianlah sebaik minimal pakaian pendengar yang terbaik. Selama acara kita harus tetap menjaga kebersihan dan kerapian pakaian kita. Akan lebih bagus lagi jika kita membawa beberapa stel pakaian ke tempat acara agar bisa ganti jika ada sesuatu, misalnya basah sewaktu ke toilet, kotor karena makanan dan lain-lain.

Sepatu
Lebih baik menggunakan sepatu yang warnanya gelap terutama hitam yang disemir dengan baik. Gunakan sepatu dengan hak yang tidak berbunyi agar tidak mengganggu konsentrasi audien.

Rambut dan Muka
Pastikan bahwa muka kita bersih dan tidak ada makanan yang menempel di bibir atau dagu kita. Jika kita mempunyai kumis atau jenggot atau keduanya, cukurlah dengan rapi. Jika sudah terlihat kusut, cuci muka dengan cream pembersih agar terlihat segar kembali. Untuk rambut juga harus diatur rapi, jika perlu gunakan minyak rambut agar licin dan rapi. Seorang pembicara harus selalu siap membawa sisir dan minyak rambut.

Bentuk Tubuh
Kita harus mempunyai tubuh yang ideal atau seimbang antara tinggi dan berat badan. Dengan berat badan ideal, kita akan terlihat bagus menggunakan pakaian apapun dan membuat pembicara lebih percaya diri. Jangan terlalu kurus atau terlalu gemuk karena dengan pakaian apapun akan nampaik kurang bagus atau kuran pas dan membuat kita kurang percaya diri.

Bau Badan
Jangan sampai kita mempunyai bau badan yang tajam dan tidak sedap, disamping menimbulkan persepsi yang kurang bagus, kita juga akan tidak disenangi oleh audien. Justru audien akan terganggu jika kita berada di dekatnya, padalah biasanya jika presentasi kita menarik, setelah acara selesai audien akan mengerubungi kita untuk bertanya lebih lanjut, untuk kenalan atau sekedar berfoto bersama.

Dengan memakai pakaian terbaik, raut muka yang segar dan rambut yang rapi akan mendukung keberhasilan presentasi kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright (c) 2010. Blogger templates by Bloggermint