Pages

Alat Pendukung Presentasi


Agar ide, gagasan atau inforasi dapat tersampaikan dan bisa dimengerti oleh audien, maka akan lebih baik jika presentasi menggunakan alat pendukung.  Beberapa alat pendukung presentasi yang bisa digunakan adalah :



Laptop dan proyektor.
Saat ini keberadaan laptop dan proyektor seakan sudah tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan presentasi. Hal itu tidak lepas dari fungsi keduanya yang sangat mendukung pelaksanaan dan keberhasilan sebuah presentasi.  Sebenarnya kedua alat tersebut fungsi utamanya adalah menampilkan apa yang sedang dipresentasikan. Keberadaannya bisa disamakan dengan tulisan di kertas, tulisan di papan tulis maupun tulisan di slide yang menggunakan overhead proyektor .
Laptop dan proyektor mempunyai kemampuan yang lebih besar tidak hanya menampilkan tulisan saja, namun juga foto dan film sehingga lebih banyak hal yang bisa ditampilkan. Program yang biasa digunakan untuk presentasi adalah Microsof Power Point. Anda bisa belajar menggunakan program tersebut melalui buku maupun tutorial  di internet.
Sebelum Anda presentasi, Anda harus mempersiapkan dahulu slide-slide yang akan dipresentasikan, tentunya yang sesuai dengan topic presentasi Anda. Tulisan dalam slide sebaiknya berisi point-point pembicaraan, jangan dituliskan semua isi pembicaraan Anda. Itu akan lebih bisa ditangkap dan diingat oleh audien karena mereka hanya akan melihat slide kita sekali dan dalam waktu yang tidak lama.
Gunakan jenis huruf-huruf yang enak dibaca dalam ukuran yang sesuai. Jenis huruf (font) yang biasa digunakan dan enak dibaca adalah Tahoma, Calibri, Arial Rounded MT Bold, Century
Gothic.

2.       Alat Peraga
Alat peraga juga sangat penting untuk mendukung presentasi khususnya presentasi tentang produk tertentu. Anda bisa langsung membawa produk yang sedang dipresentasikan agar audien langsung tahu produk Anda sekaligus untuk menanamkan produk Anda dalam memori audien. Untuk produk yang perlu operasioal tertentu, misalnya alat-alat rumah tangga, produk elektronik, Anda harus jelaskan cara menggunakan, manfaat, cara mengatasi problem operasional, cara mengganti spare part   dan lain-lain.
Yang pasti dengan membawa alat peraga, presentasi Anda akan lebih menarik dan akan lebih mendukung kepentingan pemasaran produk Anda.

3.       Sound System
Peralatan berupa pengeras suara (sound system) juga sangat penting. Tata suara yang baik akan membuat audien betah mengikuti presentasi. Tanpa pengeras suara, sebuah presentasi yang diikuti banyak audien dalam sebuah ruangan yang cukup besar tidak akan bisa berlangsung karena tidak semua audien mendengar apa yang kita sampaikan.
Sebagai presenter, Anda harus memastikan bahwa perangkat pengeras suara sudah beres sebelum Anda melakukan presentasi. Khususnya jika Anda adalah pembicara pertama walaupun sudah dites oleh panitia.
Terkadang perangkat yang baikpun bisa menimbulkan bunyi “efek”  yaitu bunyi berdenging. Hal itu bisa terjadi jika microphone kita posisikan berhadapan langsung dengan speaker dalam jarak yang relative dekat. Oleh karena itu jika pengeras suara berada di dekat kita, jangan sampai kita memegang microphonenya menghadap ke pengeras suara tersebut.

4.       Lampu
Lampu atau sumber cahaya juga sangat penting. Tanpa sumber cahaya yang cukup, presentasi dipastikan tidak akan berlangsung secara baik dalam waktu yang lama. Tanpa penerangan yang cukup, audien cenderung akan mudah mengantuk dan tidak konsentrasi.
Pastikan bahwa alat penerang khususnya pada malam hari cukup menerangi semua audien maupun kita sebagai presenter.
Khusus untuk lampu yang di dekat layar dari slide proyektor, ada baiknya jika diredupkan untuk memperjelas pandangan ke layar.

Alat bantu tersebut keberadaanya memang tidak mutlak, namun sangat mendukung keberhasilan sebuah presentasi. Yang tidak kalah penting adalah kemampuan kita sebagai presenter baik dalam berbicara maupun menggunakan berbagai alat bantu tersebut dengan baik.























Reciprocal Link Manager



Domain Name



List of URLs where your Reciprocal Links can be found
(One on each line)











Posting yang akan datang adalah penjelasan tentang pelaksanaan presentasi, tunggu ya...

2 komentar:

Hepi Prana mengatakan...

sangat inspiratif, kami tunggu posting selanjutnya

Unknown mengatakan...

wah banyak juga alat presentasinya, makasih infonya!

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010. Blogger templates by Bloggermint